Minggu, 22 Februari 2009

GBPP Komorgan FIS UB

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN

MATA KULIAH : KOMUNIKASI ORGANISASI

DOSEN : AKH. MUWAFIK SALEH, S.Sos., M.Si.

NOMOR KODE / SKS : 3 (3-0)

DESKRIPSI SINGKAT :

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM :

STRATEGI PERKULIAHAN :

RANCANGAN TOPIK BAHASAN PERKULIAHAN KOMUNIKASI ORGANISASI :

Tujuan Instruksional Khusus

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Estimasi Waktu

Metode, Aktivitas dan Tugas.

Sumber Kepustakaan

1

Mahasiswa dapat mengetahui secara umum dan singkat gambaran besar mata kuliah yang akan dilaksanakan dalam satu semester.

Gambaran Umum dan Pengantar Mata Kuliah Komunikasi Organisasi

· Gambaran Umum Metodologi Pembelajaran dalam Perkuliahan Komunikasi Organisasi

· Kontrak belajar

· Maksud & Manfaat Kajian Komunikasi Organisasi

· Pengertian Komunikasi Organisasi

150 menit

· ceramah, penjelasan tentang materi dan scenario aktivitas perkuliahan selama 1 semester.

· Buku panduan pendidikan Program Ilmu Sosial UB

· R. Wayne Pace – Don F. Faules, Komunikasi Organisasi, Strategi menigkatkan kinerja perusahaan

2

Mahasiswa dapat mengetahui paradigma dalam perkembangan kajian komunikasi organisasi dan dapat mengetahui sifat-sifat dari komunikasi organisasi

The Nature of Organizational Communication

· Paradigma kajian organisasi dan komunikasi

· Kedudukan Komunikasi Organisasi dalam Kajian studi ilmu komunikasi

· Aspek-aspek kajian komunikasi organisasi.

· Sifat-sifat komunikasi Organisasi

· ceramah, penjelasan tentang materi dan scenario aktivitas perkuliahan selama 1 semester.

· Penugasan : meresume buku-buku komunikasi organisasi

·

3-4

Mahasiswa dapat menjelaskan dan memahami perkembangan teori organisasi dan komunikasi organisasi dari beragam perspektif sehingga dapat menjadi landasan dalam memahami keseluruhan kajian komunikasi organisasi

Dasar Teoritik Organisasi

· Perkembangan teori-teori organisasi

· Asumsi dasar dan perspektif teorik : Klasik, modern, interpretive symbolic, postmondern

· Macam- macam teori organisasi : Objektifis, Transisional & Subjektifif

100 menit

· Presentasi tugas : Perkembangan teori komunikasi organisasi

· Diskusi middle group (berdasar kedekatan tema).

· Presentasi dalam big group.

· Peneguhan / ceramah-diskusi dari dosen.

· Notulensi & perumusan pemikiran

· Dokumentasi hasil. oleh tim arsip

Penugasan untuk tema berikutnya dibagi berdasar tema : baca referensi & resume tentang teori-teori komunikasi organisasi beserta perkembangannya.

· Akh. Muwafik Saleh, Diktat Komunikasi Organisasi.

· Mary Jo Hatch, Organization Theory : modern, symbolic and postmodern perspectives. Oxford University Press, 1997

· Antoni, Riuhnya persimpangan itu. Tiga serangkai

· Stephen W. Littlejohn Theories of Human Communication.

5-6

Mahasiswa dapat menjelaskan dan memahami perkembangan teori organisasi komunikasi organisasi dari beragam perspektif sehingga dapat menjadi landasan dalam memahami keseluruhan kajian komunikasi organisasi

Dasar Teoritik komunikasi organisasi

· Tradisi kajian komunikasi organisasi

· Implikasi perkembangan teori organisasi terhadap komunikasi organisasi

· Presentasi tugas : Teori Komunikasi Organisasi

· Diskusi middle group (berdasar kedekatan tema).

· Presentasi dalam big group.

· Peneguhan / ceramah-diskusi dari dosen.

· Notulensi & perumusan pemikiran

· Dokumentasi hasil. oleh tim arsip

· Penugasan untuk tema berikutnya dibagi berdasar tema : baca referensi tentang tema Iklim Komorgan. Selanjutnya melakukan pengamatan dan membuat laporan serta analisis temuan.

Iklim Kom Org : (dibagi dalam dua kelompok : sebagian kelompok mengamati organisasi Profesional mis : Lembaga Pendidikan, Pemerintahan, BUMN, Perusahaan Swasta & sebagian kelompok mengamati organisasi mahasiswa)

· Stephen W Litllejohn Theories of Human Communications.

· R. Wayne Pace – Don F. Faules, Komunikasi Organisasi, Strategi menigkatkan kinerja perusahaan

7

Mahasiswa dapat memahami dan mengetahui bagaimana iklim komunikasi organisai berkembang serta mampu melakukan analisis iklim komunikasi dalam organisasi untuk dapat mengetahui tingkat kepuasan anggota dalam organisasi terhadap iklim komunikasi yang berkembang

Iklim Komunikasi Organisasi

· Pengertian Iklim komunikasi Organisasi

· Pentingnya iklim komunikasi dalam organisasi

· Proses Perkembangan iklim komunikasi

· Analisis iklim komunikasi

· Strategi menciptakan iklim komunikasi yang kondusif bagi pertumbuhan/perkembangan organisasi.

· Kepuasan komunikasi organisasi

· Buat indicator per masing2 item analisis

· Bbbuat quesener berdasar indikator

· Presentasi hasil pengamatan lapangan, dibagi dalam middle group berdasar kedekatan tema.

·

· Diskusi big group

· Peneguhan / ceramah-diskusi dari dosen.

· Notulensi & perumusan pemikiran

· Dokumentasi hasil. oleh tim arsip

· Penugasan untuk tema berikutnya : melakukan pematan lapangan tentang tema Aliran Informasi : (dibagi dalam dua kelompok : sebagian kelompok mengamati organisasi Profesional mis : Lembaga Pendidikan, Pemerintahan, BUMN, Perusahaan Swasta & sebagian kelompok mengamati organisasi mahasiswa)

· R. Wayne Pace – Don F. Faules, Komunikasi Organisasi, Strategi menigkatkan kinerja perusahaan

· Andre Harjana, Audit Komunikasi

8

Midlle Test

·

·

·

9

Mahasiswa mengetahui model aliran komunikasi dalam organisasi dan bagaimana pengaruh aliran tersebut terhadap proses komunikasi yang berlangsung dan berkembang dalam organisasi.

Aliran Informasi dalam Organisasi

· Sifat aliran informasi

· Model dan macam-macam Struktur dalam organisasi & implikasinya terhadap pola komunikasi

· Pola & model penyebaran pesan dalam organisasi

· Pola aliran informasi

· Pola komunikasi dalam aliran informasi

· Konsekswensi, implikasi & pengaruh aliran informasi terhadap iklim, produktifitas kinerja organisasi, dsb

· Presentasi hasil pengamatan lapangan, dibagi dalam middle group berdasar kedekatan tema.

· Diskusi big group

· Peneguhan / ceramah-diskusi dari dosen.

· Notulensi & perumusan pemikiran

· Dokumentasi hasil. oleh tim arsip

· Penugasan untuk tema berikutnya : pengamatan organisasi kemahasiswaan, LSM dan organisasi partai politik tentang kekuasaan dan pengambilan keputusan. (informasi dapat diperoleh melalui : pengamatan, kunjungan, diskusi dsb)

· R. Wayne Pace – Don F. Faules, Komunikasi Organisasi, Strategi menigkatkan kinerja perusahaan

10

Mahasiswa dapat mengetahui dan memahami bagaimana pola komunikasi dalam organisasi dalam kaitannya dengan kekuasan dan pengambilan keputusan sehingga dapat menemukan sejauh mana kontribusi komunikasi bagi proses kekuasaan dan pengambilan keputusan dalam organisasi.

Teknologi Informasi dalam komunikasi organisasi. Kekuasaan dan pengambilan keputusan dalam organisasi : Perspektif komunikasi Organisasi

· Komunikasi dalam perspektif politik

· Paradigma post modernisme

· Konsep kekuasaan

· Bagaimana kekuasaan diperoleh dan dipertahankan.

· Kelompok-kelompok penguasa dan perilaku komunikasi penguasa, pimpinan dan anggota (kelompok mayoritas & minoritas dalam organisasi)

· Pengambilan keputusan : proses, model, gaya.

· Presentasi hasil pengamatan lapangan, tentang ; kekuasaan & pengambilan keputusan

· Diskusi big group

· Peneguhan / ceramah-diskusi dari dosen.

· Notulensi & perumusan pemikiran

· Dokumentasi hasil. oleh tim arsip

· Penugasan untuk tema berikutnya : mencari data, kliping, browsing internet, mengamati berita tentang gaya kepemimpinan dalam organisasi (pola komunikasi, gaya/perilaku, gaya komunikasi, model anggota yang bagaimana gaya itu diterapkan, aliran informasi dalam gaya yang diterapkan dsb)

· R. Wayne Pace – Don F. Faules, Komunikasi Organisasi, Strategi menigkatkan kinerja perusahaan

· Akh. Muwafik Saleh, Diktat Komunikasi Organisasi.

· Mary Jo Hatch, Organization Theory : modern, symbolic and postmodern perspectives. Oxford University Press, 1997

11

Mahasiswa mengetahui bagaimana proses komunikasi dalam peristiwa konflik organisasi serta mahasiswa dapat menemukan strategi komunikasi yang tepat dalam menyelesaikan konflik organisasi

Komunikasi dalam Konflik organisasi

· Penyebab terjadinya konflik organisasi

· Bagaimana konflik berlangsung dalam organisasi

· Pola dan model komunikasi yang dilakukan dan berkembang saat konflik berlangsung dalam organisasi maupun antar orang-orang yang sedang berkonflik.

· Iklim komunikasi organisasi saat konflik terjadi

· Analisis bahasa & perilaku dalam konflik organisasi

· Peran komunikasi dalam penyelesaian konflik

· Presentasi tugas

· Diskusi middle group berdasar kedekatan tema.

· Diskusi big group

· Peneguhan / ceramah-diskusi dari dosen.

· Notulensi & perumusan pemikiran

· Dokumentasi hasil. oleh tim arsip

· Penugasan untuk tema berikutnya

· R. Wayne Pace – Don F. Faules, Komunikasi Organisasi, Strategi menigkatkan kinerja perusahaan

· Akh. Muwafik Saleh, Diktat Komunikasi Organisasi.

· Mary Jo Hatch, Organization Theory : modern, symbolic and postmodern perspectives. Oxford University Press, 1997

· Djanalis Djanaid, Kepemimpinan ; Teori dan Praktek. Indonesia Multi management, Malang.1994.

12

Mahasiswa dapat mengetahui tentang proses membangun kerja sama dan dinamika kelompok kaitan dengan komunikasi yang berlangsung dalam organisasi

Kerja sama & Dinamika kelompok

· Tahap pembentukan kelompok

· Dinamika kelompok

· Model anggota organisasi

· Proses penyelesaian masalah

·

·

13

Mahasiswa dapat mengetahui bagaimana budaya terbentuk dalam sebuah organisasi melalui komunikasi

Budaya organisasi

· perspektif teori dalam budaya organisasi

· bagaimana proses terbentuknya budaya organisasi

· faktor-faktor pembentuk budaya organisasi

·

·

14

Mahasiswa dapat melakukan analisis perubahan individu dan system dalam organisasi, perilaku organisasi serta change management

Analisis perubahan individu dan sistem dalam organisasi

· definisi analisis

· proses analisis

· pendekatan terhadap perubahan individu

· teori perilaku & perilaku organisasi

· metode analisis sistem

· strategi perbaikan efektifitas sistem

·

·

15

Mahasiswa dapat mengetahui metode penelitian dan bagaimana melakukan penelitian bidang komunikasi organisasi

Metode Penelitian Komunikasi Organisasi

· macam metode penelitian komunikasi organisasi

· Audit komunikasi

· pentingnya penelitian komunikasi organisasi

· berbagai persoalan dan tema dalam kajian komunikasi organisasi

·

·

16

UAS

·

·

Tidak ada komentar:

Posting Komentar