Selasa, 10 Maret 2009

Sejarah PR

SEJARAH PUBLIC RELATIONS

Oleh Akh. Muwafik Saleh, S.Sos, M.Si

1. SEJARAH UMUM PR

w ANTARA PERKEMBANGAN POLITIK DAN BISNIS

w REVOLUSI AMERIKA – REVOLUSI INDUSTRI – REVOLUSI KOMUNIKASI

AWAL KELAHIRAN

w IRAQ (1800 SM )

Para arkeolog menemukan sebuah buletin pertanian di Irak yang memberitahu tahu para petani cara menabur benih, cara melakukan irigasi, cara mengatasi tikus ladang dan cara memetik hasil panen yang tidak berbeda dengan distribusi buletin pertanian oleh Departemen Pertanian AS.

AWAL MULA DI AMERIKA

w SEBELUM REVOLUSI

w KEBEBASAN

w POLITIK DAN PERUBAHAN

w PR : Fokus pada upaya memanipulasi opini masyarakat untuk digerakkan bagi kepentingan revolusi dan penyebaran propaganda dengan menggunakan pena, podium, mimbar, peristiwa, simbol, organisasi politik, untuk memobilisasi massa melakukan perlawanan, penolakan, penentangan dan perubahan sistem dogmatik, absolut.

TAHUN PERTENGAHAN

wPR banyak menjalankan sebagai peran atau fungsi :

1. Press Agentry (agen press)

2. Kampanye politik (propaganda)

3. Praktek Bisnis (untuk mempromosikan kepentingan industri)

EVOLUSI KE ARAH KEMATANGAN (1900-Awal)

Enam periode perkembangan :

Era persemaian (1900-1917)

Periode perang dunia I (1917-1919)

Ledakan era 20-an (1919-1929)

Era Roosevelt & perang dunia II (1930-1945)

Era pasca perang (1945-1965)

Masyarakat Informasi global (1965-sekarang)

ERA PERSEMIAN (1900-1917)

Dari jurnalisme yang gemar menelanjangi ketidakberesan versus publisitas yang defensif,dan dari reformasi politik berjangkuan jauh yang diperkenalkan Theodore Roosevelt & Woondrow Wilson melalui penggunaan keterampilan hubungan masyarakat . Fokus lebih pada propaganda

PERIODE PERANG DUNIA I (1917-1919)

wDari demonstrasi kekuasaan yang dramatis dari promosi yang terorganisasi untuk mengobarkan semangat patriotisme yaitu untuk menjual obligasi perang, merekrut prajurit dan mengumpulkan berjuta-juta dolar untuk kesejahteraan.

LEDAKAN ERA 20-AN (1919-1929)

wKetika prinsip dan praktek publisitas yang dipelajari selama periode perang digunakan untuk mempromosikan produk disetujui untuk mengalami perubahan tempaan teknologi yang dipacu peperangan, kemenangan pertarungan politik, dan pengumpulan berjuta-juta dolar untuk tujuan derma.

ERA ROOSEVELT & PERANG DUNIA II (1930-1945)

wdari depresi besar dan perang dunia ii dengan peristiwa yang mendalam dan berdampak besar yang dipercanggih praktek hubungan masyarakat.

wPR fokus pada kepentingan politik ekonomi & politik perang (industri perang)

wDi AS : kantor informasi Perang. (kampanye informasi terorganisasi : kepentingan perang & propaganda).

LEDAKAN PASCA PERANG : 1945-1965

w PR : fungsi rehabilitasi dan rekonstruksi pasca perang; sekolah, pendidikan, tenaga guru, bangunan, telekomunikasi dan transportasi (infrastruktur)

wPelembagaan kajian PR

ERA INFORMASI GLOBAL : 1965-SEKARANG

wMasyarakat Informasi (John Naisbit) : th 1956 : jumlah pekerja kerah putih melebihi angka pekerja produksi industri.

w th 1957, soviet muncul dengan satelit Sputnik : Era Komunikasi global

w kemajuan bidang industri multimedia.

IVY LEDBETTER LEE (1906) BAPAK PUBLIC RELATIONS, MEMBERIKAN OPSI BAGI MANAJEMEN PR :

wPERTAMA :

Membentuk manajemen humas untuk mengatur arus informasi/berita secara terbuka.

Bekerja sama dengan pihak pers.

Duduk sebagai top pimpinan perusahaan, dan langsung sebagai pengambil keputusan tertinggi (decision maker) dan policy maker.

wKEDUA :

Memiliki wewenang penuh dalam melaksanakan fungsi dan peranan sebagai pejabat humas untuk mengelola manajemen humas

wKETIGA :

Manajemen humas harus open communication (informasi terbuka) baik kepada khalayak/publik, pekerja maupun pihak pers

TIGA TAHAP PENGEMBANGAN PR
menurut Otis Baskin dkk : PR Proffesion and the practice

  1. TAHAP MANIPULASI :

PR diasumsikan sebagai alat yang dipergunakan untuk mengarahkan perhatian dan perilaku publik, dikenal tipe : agen pers (press agentry)

  1. TAHAP INFORMASI :

dianggap sebagai saluran informasi dari organisasi pada publiknya untuk mendapatkan simpati, pemahaman, terhadap organisasi. Dikenal tipe : agen publisitas (publicity agent)

3. TAHAP SALING PENGARUH & MEMAHAMI

menjalankan fungsi sebagai konsultan manajemen tentang bagaimana metode bagi manajemen/organisasi agar bisa mengambil keputusan, menilai opini publik, bersikap terhadap opini publik. Dikenal tipe : konselor PR (PR counselors)

TAHAP PERKEMBANGAN PR
MENURUT CUTLIP CENTER BROOM : EFFECTIVE PR

wEra pemasabodohan publik

wEra pengirformasian publik

wEra saling pengertian

wEra saling menyesuaikan

KRONOLOGIS PERKEMBANGAN PR

wAbad ke-19 : PR di Amerika dan Eropa merupakan program studi yang mandiri didasarkan pada perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi.
1865-1900 : Publik masih dianggap bodoh
1900-1918 : Publik diberi informasi dan dilayani
1918-1945 : Publik diberi pendidikan dan dihargai
1925 : Di New York, PR sebagai pendidikan tinggi resmi
1928 : Di Belanda memasuki pendidikan tinggi dan minimal di fakultas sebagai mata kuliah wajib. Disamping itu banyak diadakan kursus-kursus yang bermutu
1945-1968 : Publik mulai terbuka dan banyak mengetahui
1968 : Di Belanda mengalami perkembangan pesat. Ke arah ilmiah karena penelitian yang rutin dan kontinyu. Di Amerika perkembangannya lebih ke arah bisnis.
1968-1979 : Publik dikembangkan di berbagai bidang, pendekatan tidak hanya satu aspek saja
1979-1990 : Profesional/internasional memasuki globalisasi dalam perubahan mental dan kualitas
1990-sekarang : a. perubahan mental, kualitas, pola pikir, pola pandang,
sikap dan pola perilaku secara nasioal/internasional

w b. membangun kerjasama secara lokal, nasional, internasional
c. saling belajar di bidang politik, ekonomi, sosial budaya,
Iptek, sesuai dengan kebutuhan era global/informasi

SEJARAH PR DI INDONESIA

w Jaman Kerajaan

wJaman penjajahan

wJaman Awal kemerdekaan

w Perkembangan Mutakhir

TUGAS UNTUK MAHASISWA :

BUAT TULISAN TENTANG SEJARAH PR

DI INDONESIA SEMENJAK

MASA KERAJAAN HINGGA SEKARANG