Selasa, 24 Februari 2009

KONSEP CITRA
(THE IMAGE CONCEPT)

Pertemuan 2
by : Akh. Muwafik Saleh, S.Sos, M.Si

PENGERTIAN CITRA

· Image : the impression, the feeling, the conception which the public has of company, a concioussly created impression of an object, person or organization.(Bill Canton)

· Menurut Katz” Citra adalah cara bagaimana pihak ain memandang sebah perusahaan, seseorang, suatu komite atau suatu aktivitas”.

· Menurut Jalaluddin Rahmat : “citra adalah gambaran subjektif mengenai realitas, yang dapat membantu seseorang dalam menyesuaikan diri dengan realitas kongkret dalam pengalaman seseorang”

· Citra adalah hasil gabungan dari semua kesan yang didapat dari pesan (simbol) yang diproduksi secara konsisten oleh perusahaan/organisasi, baik itu dengan cara melihat nama, mengamati perilaku atau membaca suatu aktivitas atau melihat bukti material lainnya.

FAKTOR PEMBENTUK CITRA

1. Identitas fisik

· visual : nama, by line, tag line, logo, teks (akronim)/pilihan font, warna, sosok gedung, lobi kantor.

· Audio : jingle

· Media komunikasi : company profile, brosur, leaflet, iklan, laporan tahunan, pemberitaan media, media partner,

2. Identitas non fisik

· Sejarah, filosofi, kepercayaan, nilai-nilai, budaya/kultur

3 Manajemen organisasi:

· visi, misi, sistem, kebijakan, aturan, alur-prosedur, teknologi, SDM, strategi organisasi, job design, reward system, sistem pelayanan, positioning produk

4. Kualitas Hasil

· mutu produk & pelayanan

5. Aktivitas & Pola hubungan

· hubungan organisasi dengan publik, respon –tanggung jawab sosial & mentalitas /perilaku indivdu SDM organisasi, kualitas komunikasi, pengalaman pelanggan (testimoni), jaringan komunikasi / bisnis / organisasi

FAKTOR LAINNYA DALAM PEMBENTUKAN CITRA

· faktor image karena nama besar. mis : BMW, Mercedez Benz, Volkswagen

· image yang tertanam secara turun temurun. Mis : Honda

· image yang dibangun karena promosi. mis : yamaha

· image yang dibangun karena exlusifitas. mis : harley davidson

MACAM /JENIS CITRA,
menurut FRANK JEFKIN :

1. CITRA CERMIN (MIRROR IMAGE) adalah Kesan yang diyakini oleh perusahaan –para pimpinan- terhadap organisasinya secara sepihak tanpa mengacuhkan kesan dari luar. Cenderung selalu merasa dalam posisi baik padahal jauh dari kenyataan, khususnya setelah dilakukan studi.

2. CITRA KINI (CURRENT IMAGE)

Kesan yang diperoleh dari orang lain tentang perusahaan/organisasi atau hal lain yang berkaitan dg produknya.Kesan yang senyatanya terjadi terhadap perusahaan berdasarkan kesan dari publik eksternalnya.

3. CITRA KEINGINAN (WISH IMAGE)

Kesan yang memang diharapkan terjadi oleh perusahaan, atau seperti apa yang diinginkan dan dicapai oleh pihak manajemen terhadap lembaga/perusahaan, atau produk yang ditampilkan tsb lebih dikenal (good awareness), menyenangkan dan diterima dg kesan yg selalu positif diberikan (take and give) oleh publiknya.

4. CITRA PERUSAHAAN (CORPORATE IMAGE)

Kesan yang berkaitan dengan sosok perusahaan sebagai tujuan utamanya sehingga bisa diterima oleh publiknya, mis : tentang sejarahnya, kualitas layanan, keberhasilan, tanggung jawab sosial (social care).

5. CITRA SERBANEKA (MULTIPLE IMAGE)

kesan yang berkaitan dengan segala aspek untuk lebih mengenalkan (awareness) terhadap identitas perusahaan. spt : atribut logo, brand’s name, seragam (uniform) para front liner, sosok gedung, dekorasi lobby kantor, penampilan para profesionalnya.

6. CITRA PENAMPILAN (PERFORMANCE IMAGE)

Kesan yang lebih ditujukan kepada subjeknya, bagaimana kinerja / penampilan diri (performance image) para profesional perusahaan/organisasi yang serba menyenangkan dan selalu baik. mis : dalam memberikan pelayanan, menerima telpon, menyambut tamu/pelanggan

CORPORATE IMAGE

Adalah persepsi publik terhadap (identitas) perusahaan yang terbentuk dari asosiasi antara perusahaan sebagai subjek dan atribut-atributnya (identitas), seperti : tampilan fisik (logo, gedung, lobi kantor, uniform, visi misi, budaya, tingkat kepedulian pd lingkungan, bertanggungjawab dll).

Manajemen citra

Bagaimana sebuah perusahaan, atau sebuah organisasi mengelola persepsi/gambaran (perception management) yang hendak dibangun (dijual) atau yang akan diberikan kepada publik internal / eksternal”.

MANAJEMEN CITRA :

Suatu proses kegiatan untuk menggerakkan dan mengendalikan suatu usaha kerja sama dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan yaitu berupa kesan, perasaan, gambaran dari publik terhadap perusahaan yang dengan sengaja diciptakan dari suatu objek, orang atau organisasi yang telah ditentukan.

PR & PEMBENTUKAN CITRA

Efektivitas PR di dalam pembentukan citra (nyata, cermin dan aneka ragam) organisasi, erat kaitannya dengan :

kemampuan (tingkat dasar dan lanjut) pemimpin dalam menyelesaikan tugas organisasinya, baik secara individual maupun tim yang dipengaruhi oleh praktek berorganisasi (job design, reward system, komunikasi dan pengambilan keputusan) dan manajemen waktu/ perubahan dalam mengelola sumberdaya (materi, modal dan SDM) untuk mencapai tujuan yang efisien dan efektif, yaitu mencakup penyampaian perintah, informasi, berita dan laporan, serta menjalin hubungan dengan orang. Hal ini tentunya erat dengan penguasaan identitas diri yang mencakup aspek fisik, personil, kultur, hubungan organisasi dengan pihak pengguna, respons dan mentalitas pengguna (Hubeis, 2001).

Manfaat citra bagi organisasi

Eksternal publik :

· Relatif lebih bisa diterima dan diingat oleh konsumen

· Cenderung dapat survive pada masa krisis. Dan kalaupun menderita kerugian, jumlahnya jauh lebih kecil dibanding perusahaan yang citranya kurang baik.

· Mampu membangun dan memelihara tingkat kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan.

· Memudahkan identifikasi bagi konsumen.

· Meningkatkan daya saing dan kinerja perusahaan diantara kompetisi dengan perusahaan lain.

· Membuat para investor percaya dan yakin untuk menanamkan sahamnya.

· Menghasilkan reputasi yang baik terhadap perusahaan.

· Mampu menigkatkan bargaining position dengan stakeholder

Internal Publik :

· Mampu membangun rasa bangga bagi karyawan

· Terbangun sense of belonging pada setiap karyawan.

· Dapat mendorong munculnya motivasi mereka untuk bekerja lebih produktif.

· Akhirnya, pertumbuhan dan profitabilias perusahaan meningkat.

GARIS-GARIS BESAR ROGRAM PENGAJARAN

MANAJEMEN CITRA PERUSAHAAN
SKS : 3 (2-1)

o

Tujuan Instruksional Khusus

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Estimasi Waktu

Sumber Kepustakaan

1

Mahasiswa memahami arti penting manajemen citra bagi sebuah perusahaan dan peran penting PR bagi pembentukan citra perusahaan.

Pengantar manajemen citra perusahaan (introduction of corporate image management)

· Pentingnya manajemen citra bagi perusahaan.

· Peran penting PR dalam membangun cira perusahaan

· Studi kasus manajemen citra

· Baca & diskusi studi kasus

100 menit

· Frank jefkin,

· Rosady ruslan

· H. Frazier Moore, Ph.D Public Relations, Principles, cases and problems

· Corporate Communications

2

Mahasiswa mengetahui dan menjelaskan konsepsi dasar citra, macam-macam jenis citra dan factor pembentukan citra perusahaan

Konsep citra (the image concept)

· Pengertian

· Macam citra

· Factor dalam pembentukan citra

100 menit

· idem

3

Mahasiswa dapat mengetahui beda antara citra dan reputasi, bagaimana reputasi terbentuk serta faktor apa saja dalam membangun reputasi perusahaan

Citra dan reputasi (image and reputation)

· Beda citra dan reputasi

· Membangun reputasi

· Menjaga reputasi

100 menit

· idem

4

Mahasiswa dapat menjelaskan dan memahami tentang identitas perusahaan dan faktor yang membentuk idenentitas perusahaan

Corporate identity & corporate branding

· Makna identitas

· Factor pembentuk identitas korporat

· Membangun branding

100 menit

· idem

5

Mahasiswa dapat memahami dan menjelaskan makna konsep good corporate governance

Good corporate governance

· Makna GCG

· Makna penting GCG dalam citra perusahaan

· Uncur dalam GCG

100 menit

· idem

6

Mahasiswa dapat Memahami konsep CSR dalam membangun citra perusahaan

Corporate Social Responsibility

· Konsep CSR

· CSR dan PR (comuniy relations)

· Mendesain Program CSR

100 menit

· idem

7

Mahasiswa memiliki keterampilan dasar dalam mendesain manajemen citra bagi sebuah perusahaan

Designing corporate image

· Langkah & Strategi mendesain citra perusahaan

· Membuat perencanaan manajemen citra perusahaan

· Logo, by line, tag line, warna, teks, akronim, jenis huruf, jingle, tempat, uniform, visi, misi

100 menit

· idem

8

UTS : presentasi, pertengahan perkuliahan akan ada Quiz

9

Mahasiswa dapat menganalisa citra lembaga pemerintahan dan nirlaba serta memiliki keterampilan dasar dalam mendesain manajemen citra bagi organisasi tsb

image management for government organization and non profit organization

· Berbagai kasus citra organisasi pemerintah dan nirlaba

· Analisa manajemen citra lembaga pemerintah

· Mendesain manajemen citra lembaga pemerintah

100 menit

· idem

10

Membahas tentang beragama metode dan cara melakukan analisis terhadap citra sebuah perusahaan/organisasi

Image analysis method

· Metode penelitian analisis citra

· Langkah dalam analisis citra

100 menit

· idem

11

Memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk mengetahui dan memiliki keterampilan dalam melakukan riset citra

Tugas : riset analisis citra

· Melakukan riset tentang analisis citra sebuah organisasi : pendidikan, perusahaan swasta, BUMN, lembaga Pemerintah, Organisasi nirlaba dsb

100 menit

· idem

12

Memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk menjelaskan pemahamannya dan hasil temuannya tentang manajemen citra perusahaan

Presentasi hasil riset

· Presentasi hasil tugas riset

100 menit

· Idem

13

Memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk menjelaskan pemahamannya dan hasil temuannya tentang manajemen citra perusahaan

Presentasi Hasil riset

· Presentasi hasil tugas rizet

100 menit

· Idem

14

Memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk menjelaskan pemahamannya dan hasil peracangannya tentang manajemen citra perusahaan

Tugas & presentation : designing CIM / MCP UB

· Presentasi hasil tugas desain MCP

100 menit

· Idem

15

Memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk menjelaskan pemahamannya dan hasil peracangannya tentang manajemen citra perusahaan

Tugas & presentation : designing CIM / MCP UB

· Presentasi hasil tugas desain MCP

100 menit

· idem

16

· UAS