Jumat, 25 Februari 2011

Komunikasi Organisasi 2011 GBPP muwafik UB

GBPP Komunikasi Organisasi

Bagi anda yang sedang mengambil mata kuliah Komunikasi Organisasi yang diasuh oleh Akh.Muwafik Saleh, S.Sos, M.Si, silahkan dapat mendownload GBPP pada link berikut : http://www.slideshare.net/search/slideshow?searchfrom=header&q=muwafik dengan nama file : GBPP komunikasi organisasi 2011 muwafik UB2 (ini adalah GBPP terbaru untuk tahun 2011) selamat menikmati perkuliahan dengan penuh semangat dan bahagia. semoga mendapatkan ilmu yang ermanfaat dan berguna.

ttd
Akh. Muwafik Saleh, S.Sos,M.Si

6 komentar:

  1. maaf pak...
    saya tidak bisa membuka file tersebut sesuai dengan arahan diatas.
    disebutkan di www.sladeshare.net file tersebut tidak ditemukan.
    mohon diberi pengarahan agar dapat mendownload.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. teman2 fisip yg saya cintai.
    mungkin maksud bapak Muwafik bukan sladeshare tapi www.slideshare.net
    sekian terimakasih luv u all cup cup muah

    BalasHapus
  4. Komunikasi Orgnisasi Meeting II
    Result of Discuss
    Case Study : Miss Communication Between student and each other about their homework

    Pengertian
    Komunikasi organisasi adalah proses pertukaran dan penerimaan pesan (informasi) antara atasan dan bawahan dan juga proses pertukaran informasi antar bawahan (dalam kasus ini atasan adalah dosen da bawahan adalah mahasiswa).
    Aspek Kajian
    - Aspek Individu
    - Aspek Psikologis
    - Aspek Lingkungan
    Pengaruh Komunikasi Organisasi
    - Memperlancar proses distribusi informasi
    - Memastikan Validitas informasi
    - Memperjelas tanggung jawab dan tugas indivdu organisasi
    Karakterisktik Komunikasi Organisasi
    Menurut Dr. Arni Muhammad dalam buku Komunikasi Organisasi terdapat 7 Karakeristik Komunikasi Organisasi yaitu :
    1. Mempermudah Komunikasi
    2. Personality Kelompok
    3. Komitmen terhadap tugas
    4. Besarnya kelompok
    5. Norma Kelompok
    6. Saling tergantung satu sama lain
    Kesimpulan
    Komunikasi organisasi adalah suatu proses yang sangat berpengaruh dalam keefektifan penyampaian informasi dalam suatu organisasi dimana dalam studi kasus kami terdapat beberapa factor yang menghambat dalam penyampaian pesan itu sendiri antara lain (1) Kelompok minoritas dimana terdapat beberapa mahasiswa yang belum mengenal teman sekelasnya karena perbedaan angkatan tahun ajaran (denga kata lain beberapa mahasiswa menutup diri untuk melakukan interaks dengan mahasiswa lain). (2) Lingkungan, secara logika lingkungan kuliah pada pertemuan pertama kuliah komunikasi organisasi cukup kondusif, tetapi jika dipandang dari sudut pandang yang berbeda tidak dapat dipastikan bahwa situasi yang cukup kondusif menurut sebagian mahasiswa kondusif menurut sebagian mahasiswa yang lain. (3) Individu, perbedaan karakter individu menimbulkan sikap dan prilaku yang berbeda termasuk pola pikir mereka, hal ini mempengaruhi bagaimana konsentrasi mereka untuk menangkap dan mempersepsikan pesan (informasi) yang telah diberikan.

    by :
    Ahmad Nur Lazuardi (0610020002)
    Ardianinda Wisda (0610023014)
    Ferry Yohanda (0911223080)
    Oldy Archadia (0911220108)
    Prahara Ade A.S (0911220110)
    Sem Wahyud0 (0911220123)
    Wahyu Surya Adi (0911223126)

    BalasHapus
  5. Komunikasi Organisasi Meeting II
    Studi kasus : Penyebab tidak mengerjakan tugas.

    Pengertian Komunikasi Organisasi
    - Komunikasi yang dilakukan secara berkelompok dan terjadi pertukaran pesan dalam suatu kelompok tersebut.

    Komunikasi Organisasi penting karena tanpa suatu komunikasi organisasi bisa bertukar informasi.

    Pengaruh :
    - Berdampak bagi organisasi dan diri sendiri.
    - Menghambat kegiatan yang akan dilakukan oleh organisasi.
    - Tidak mendapat ilmu
    - Rencana yang seharusnya berjalan akan terhambat karena perilaku oknum-oknum yg tidak bertanggung jawab.

    Aspek kajian :
    - Aspek Individu
    - Masalah Teknis
    - Kurangnya informasi
    - Perbedaan pendapat

    Oleh :
    - Ahmad Ziyan F. (0911221003)
    - Azwar Rezaldi (0911223060)
    - I Made Nara V. (0911220089)
    - Okki Arya (0911220106)
    - Wildan Rafqy (0911223127)

    Terimakasih...

    BalasHapus
  6. KOMUNIKASI ORGANISASI ( Studi Kasus UKM Pramuka UGM)
    1. PENGERTIAN
    - Komunikasi organisasi merupakan arus informasi, pertukaran informasi dan pemindahan arti di dalam suatu organisasi.
    - Komunikasi Organisasi adalah suatu system yang saling tergantung yang mencakup komunikasi internal dan eksternal.
    - Komunikasi organisasi adalah proses menciptakaan dan saling menukar pesan dalam satu jaringan hubungan yang saling bergantung satu sama lain untuk mengatasi lingkungan yang tidak pasti atau yang selalu berubah ubah.
    - Komunikasi organisasi sebagai arus data yang melayani komunikasi organisasi dan inter komunikasi dalam beberapa cara.
    - Bidang komunikasi organisasi termasuk arus komunikasi formal dan informal dalam organisasi.
    2. FUNGSI / PENTINGNYA KOMUNIKASI ORGANISASI
    - Sebagai pembentuk iklim organisasi, maksutnya yang menggambarkan suasana kerja organisasi atau sejumlah keseluruhan perasaan dan sikap orang-orang yang bekerja didalam organisasi.
    - Membangun budaya organisasi, maksutnya nilai dan kepercayaan yang menjadi titik sentral organisasi.
    Menurut Sendjaja (1994) fungsinya yaitu,
    - Fungsi informative: organisasi dapat dipandang sebagai suatu system pemrosesan informasi.
    - Fungsi regulative: berkaitan dengan peraturan peraturan yang berlaku dalam suatu organisasi
    - Fungsi persuasive:dalam mengatur suatu organisasi kekuasaan dan kewenangan tidak akan selalu membawa hasil sesuai dengan yang diharapkan.
    - Fungsi Integrative: setiap organisasi berusaha untuk menyediakan saluran yang memungkinkan anggota dapat melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik.
    3. ASPEK KAJIAN
    - Seringnya terjadi konflik perbedaan pendapat dalam kehidupan sehari hari.
    - Mempunyai strategi sendiri dalam menyelesaikan konflik yang terjadi , sebagai berikut:
    *kompetisi
    *akomodasi
    *sharing
    *kolaborasi
    *penghindaran
    4. PENGARUH ORGANISASI
    - Karena konflik yang menyebabkan perpecahan, kemudian didalam organisasi tersebut mempunyai strategi strategi yang dijadikan satu alat penyatu bagi organisasi mereka
    5. KARAKTERISTIK KOMUNIKASI ORGANISASI
    - Terjadi karena iklim yang ada didalam organisasi tersebut. Dan juga didalam organisasi tersebut pemimpinnya kurang bisa mengakomodir semua kepentingan anggotanya.


    Nama anggota kelompok: Kelas A (Kom-org)
    1. Maestro Yunan
    2. Tri Andayani
    3. Septi Arti A
    4. Shintia Leli P
    5. Niken

    BalasHapus