Selasa, 03 Februari 2009

Pengantar Komunikasi Organisasi

KOMUNIKASI ORGANISASI
Oleh :
Akh. Muwafik Saleh. S.Sos., M.Si.


DESKRIPSI KAJIAN
Mata kuliah ini mengkaji tentang pengertian, sifat, konsep-konsep dasar organisasi dan teori-teori dasar dalam komunikasi organisasi serta mengkaji tentang berbagai permasalahan komunikasi dalam organisasi seperti dalam proses pengambilam keputusan, motivasi, kerja sama, konflik dan budaya organisasi.

PARADIGMA KOMUNIKASI & ORGANISASI :
1. PARADIGMA POSITIVISTIK / OBJEKTIF / MEKANISTIK / SCIENTIFIC /STRUKTURALISTIK.
nPandangan ini mengasumsikan bahwa “orang-orang dapat menjauhkan diri mereka dari bias-bias mereka dan bahwa kebenaran dapat ditemukan bila kita dapat menyingkirkan campur tangan manusia ketika melakukan penilaian”. Sehingga manusia tidak memiliki kebebasan dalam mengekspresikan pemahamannya.
nPerilaku manusia dicipta / ditentukan / dikendalikan / dikonstruksi oleh lingkungan (realitas sosial) dan Manusia adalah produk lingkungannya.
nRealitas adalah sesuatu yang sudah terstruktur (sudah ada) dan kita harus menemukannya.
nMenekankan lingkungan sebagai suatu faktor penentu dalam menjelaskan perilaku manusia. Keberhasilan manusia tergantung pada sejauhmana dirinya beradaptasi dengan lingkungannya/ realitas yang ada.
nTindakan seseorang itu haruslah bertujuan, goal oriented, rasional serta ditentukan oleh lingkungan.


2. PARADIGMA HUMANISTIK / SUBJEKTIF / TRANSAKSIONAL.Mengasumsikan bahwa pengetahuan tidak mempunyai sifat yang objektif dan tidak selamanya absolut (tetap) melainkan dapat berubah sesuai dengan perkembangan pemikiran manusia yang bebas.
Manusia yang menentukan dan mencipta / mengkontruksi lingkungan (realitas sosial) sesuai dengan kreatifitasnya.
Realitas adalah suatu proses kreatif yang memungkinkan manusia / kita menciptakannya.
Manusia punya perasaan yang lebih aktif dan kreatif. Kreasi manusia bukanlah produk lingkungan, namun mereka mencipta lingkungan. Manusia hidup dalam lingkungan simbolik dan dapat ditafsirkan dari berbagai cara. Manusia mencipta lingkungan/ realitas juga melalui penggunaan simbol.
Tindakan seseorang itu muncul dari proses sosial dalam interaksi manusia, artinya perilaku yang berkembang yang bergantung pada konstruksi sosial yang terjadi selama proses interaksi.


SIFAT KOMUNIKASI ORGANISASI
Komunikasi organisasi tampak pada struktur
Komunikasi dalam organisasi berfungsi mencapai tujuan sistem organisasi
Komunikasi adalah organisasi itu sendiri
Komunikasi organisasi menjelaskan hubungan antar individu dalam organisasi
Komunikasi organisasi menggambarkan dinamika kelompok
Komunikasi organisasi membangun eksistensi organisasi.

Komunikasi sebagai proses penciptaan makna atas interaksi dalam organisasi, dimana komunikasi adalah organisasi itu sendiri (perilaku pengorganisasian). Organisasi dipahami sebagai orang-orang yang berinteraksi dan memberi makna kepada interaksi tersebut. Sehingga komunikasi sbg pembentuk organisasi.

Komunikasi berpusat pada simbol-simbol dalam interaksi organisasi.

Menekankan pada bagaimana perilaku / tindak komunikasi yang berlangsung dan ditampilkan dalam organisasi (baik verbal, non verbal termasuk penampilan fisik seperti pakaian, warna, letak, suasana dan konsep/nilai) mencipta makna dan budaya dalam organisasi.\

Dalam pengambilan keputusan, maka komunikasi dipandang sebagai landasan keputusan.

Komunikasi dipandang sebagai pencipta organisasi itu sendiri, mencipta budaya, mencipta nilai dan perilaku.

TERIMA KASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar