TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KOMUNIKASI ORGANISASI
Oleh Akh. Muwafik Saleh, S.Sos, M.Si
Tulisan ini disarikan dari mata kuliah Komunikasi Organisasi, yang diasuh oleh penulis pada jurusan ilmu komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Brawijaya.
1. Media memiliki sisi positif sekaligus negatif di dalam pelaksanaan komunikasi organisasi
2. Mengendalikan sisi negatif perkembangan teknologi informsi melalui pemahaman tingkat selektifitas terhadap penggunaan media dan memaknai setiap pesan sesuai dengan situasi pengirim pesan.
3. Tingkat selektifitas : ditentukan nlai-nilai budaya, tema & kebutuhan pesan yang ingin disampaikan / didapat
BEBERAPA ASUMSI
1. Organisasi adalah suatu entitas yang dikonstruksi secara sosial
2. Anggota organisasi biasanya
menyampaikan keinginan untuk berinteraksi lebih banyak melalui tatap muka walau membawa risiko bekerja tak efisien (Goldhaber)
3. Fulk dan Steinfield (1990) menyatakan,"Kenyataannya komunikasi efektif adalah komunikasi yang tujuan intinya memacu penerapan teknologi informasi dalam organisasi".
UNTUK BAHAN DISKUSI :
2. Implikasi media/teknologi informasi baru bagi komunikasi dalam organisasi :
3. Pengambilan keputusan
4. Aliran komunikasi
5. Iklim komunikasi organisasi
6. Hubungan antarpersonal (makna & pengertian)
7. Apa keuntungan & kerugian TI dlm kom.org ?
8. Apakah teknologi baru mampu merubah pola komunikasi organisasi/organisasi itu sendiri ? Pada wilayah apa perubahan itu terjadi ?
9. Apakah teknologi komunikasi baru menjadikan organisasi lebih efektif, efisien, lebih produktif, dan lebih responsive?
MACAM MEDIA KOMUNIKASI
Media tradisional :
1.
2. Pertemuan (rapat akbar dll)
3. Publikasi : pengeras suara
4. Cara Pengiriman
Teknologi baru :
1. Telepon,
2. Komputer
3. Handpone
4. Internet, surat elektronik (e-mail), web dsb
5. video conferencing, voice messaging, facximile
Dampak teknologi informasi terhadap organisasi
1. perubahan struktur organisasi,
2. fungsi kerja dan penempatan sumber
daya manusia, keahlian teknologi serta
3. interaksi antarmanusia.
Implikasi Teknologi baru
1. Determinisme teknologis
2. Mampu mengatasi kendala ruang & waktu
3. Mengubah jarak & wilayah komunikasi seseorang
4. mengurangi intensitas tatap muka yang terjadi dalam organisasi (mengurangi tingkat pengertian antar manusia dalam organisasi)
5. Mengurangi batas personal, geografis, hierarkhi tradisional, posisional/struktur dalam organisasi & norma organisasi.
6. Merubah pola komunikasi organisasi.
7. Merubah praktik kerja, kebiasaan kerja.
8. Memungkinkan membentuk kembali proses & struktur organisasi.
9. Memudahkan dalam mengenali isu & masalah
10. Memungkinkan terjadinya saling ketergantungan tugas dan sumber daya pada anggota organisasi (Rice:1992)
Hipotesis O` Connell
Yang berhubungan dengan peranan teknologi dan pengaruhnya dalam komunikasi organisasi:
1. Kesempatan untuk hubungan tatap muka akan hilang dan informasi berdasarkan isyarat nonverbal berkurang. Akibatnya, kesempatan berbagi informasi secara acak dan spontan berkurang pula.
pembenaran terhadap format baru yang muncul sebagai proses alamiah jaringan
elektronik. Struktur organisasi dan alur informasi formal akan didefinisi
ulang.
Kepercayaan akan muncul seiring dengan kebersamaan pengalaman, nilai-nilai,
memberi dan menerima dan sebagai hasil komunikasi antarmanusia. Hadirnya
satelit, e-mail, dan jaringan komunikasi elektronik lainnya dapat mengurangi
dimensi kepercayaan yang selama ini kita telah terbiasa. Jaringan komunikasi baru dapat saja menggantikan peranan ini.
mengharap para pegawai mempunyai kualitas dan menghasilkan dengan cara yang mirip.
FAKTOR ADOPSI TEKNOLOGI PADA ORGANISASI
1. Persepsi anggota thd medium baru & tingkat SDM
2. Nilai-nilai, norma & budaya
3. Interaksi anggota (pola hubungan antar pribadi)
4. Pola pengambilan keputusan/ pemrosesan informasi dalam kelompok
Kelompok :
BalasHapus1.Christanti Natalia (0710020083)
2.Dio Nona Mada (0710023072)
3.Dwi Nurismayanti (0710023002)
4.Desy Puspasanti (0710023083)
5.Elok Wahyu Savitry (0710020077)
6.Fariska Anggi (0710023092)
7.Febrianti S. (0710020024)
8.Fenny Meiriza (0710020013)
9.Fitrah Ardiyanti (0710020032)
10.Furry Rezky F. (0710023116)
Jawaban
1.Media komunikasi tradisional
Face to face
Tergantung pada birokrasi (memo, pengumuman dll.)
Feedback tertunda
Selebaran, undangan
Media komunikasi modern
Melalui SMS
E-mail
Blog
Webcam
Televisi dan radio
2.Implikasi teknologi informasi baru dalam komunikasi organisasi
Pengambilan keputusan bisa berlangsung cepat karena aliran informasi lancar dan cepat.
Hubungan antar personal memudar karena individu satu dengan yang lain tidak bisa berinteraksi secara langsung.
3.Keuntungan : informasi lancar, cepat dan efisien, memperdekat jarak antar individu dalam organisasi, multi tasking capability.
Kerugian : mengganggu privasi, akses yang terlalu luas, mempengaruhi hubungan sosial, High Contact Culture yang pada situasi tertentu mengganggu budaya masyarakat seperti etika dan adat sopan santun yang merupakan kepercayaan masyarakat.
4.Teknologi baru mampu merubah pola komunikasi organisasi. Ini terjadi dalam wilayah alur komunikasi dalam organisasi itu sendiri. Apabila terdahulu antar anggota suatu organisasi terkadang masih memakai memo / surat dalam melakukan antar anggotanya dalam penyebaran komunikasi dalam organisasi tersebut. Namun saat ini, dengan adanya perkembangan teknologi informasi komunikasi antar anggota organisasi dapat lebih cepat tersampaikan dan efisien. Contohnya saja dalam penyebaran informasi dari kantor pusat dengan kantor-kantor cabang dulu masih memakai surat, tapi sekarang dapat diinformasikan lewat telepon, fax, email, atau YM.
5.Tergantung organisasi itu memanfaatkan teknologi baru tersebut. Apabila dalam organisasi itu dapat memanfaatkan teknologi tersebut dengan baik, maka organisasi tersebut akan lebih efektif, efisien, produktif dan lebih responsif. Begitu juga sebaliknya. Contohnya. Perbedaan antara organisasi pemerintahan dengan organisasi swasta.
kelompok :
BalasHapus1. Danita D.A.
2. Dalias Lisdianingrum
3. Dwi Apriani A.
4. Failasuf Filantropi
5. Fariza Yuniar
6. Firliani Nurulianti
jawaban :
1. bagaimana bentuk media komunikasi tradisional dan modern dalam komorg?
-tradisional : face to face, memo, pengumuman, newsletter, majalah dan surat
-modern : website, e-mail, chat n hp
2 implikasi media/TI baru bagi komunikasi dalam organisasi dalam :
-pengambilan keputusan : cepat jika dalam organisasi sederhana
-aliran komunikasi : pola lingkaran->semua bisa mengakses
-iklim : kesetaraan hubungan antar anggota->karena informasi bebas
-hubungan antar personal : lebih fleksibel, rawan konflik karena kesalahpahaman, hubungan terbatas
3. keuntungan dan kerugian TI dalam organisasi
(+) cepat, praktis, jangkauan luas, mudah diakses efisien (tempat, biaya, alat, dan waktu)
(-) mereduksi hubungan personal
note :
-media komunikasi tidak ditinggalkan
-informasi melalui media bisa mempengaruhi pengambilan keputusan
4. apa TI merubah pola komunikasi organisasi itu?
dalam wilayah apa?
iya, dalam ranah aliran komunikasi
->dampak TI
1. perubahan struktur
2. fungsi kerja dan penempatan SDM, keahlian tekhnologi
3. interaksi antar manusia