Senin, 23 Maret 2009

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN


MATA KULIAH : KAPITA SELEKTA KEWIRAUSAHAAN

DOSEN : AKH. MUWAFIK SALEH, S.Sos., M.Si.

NOMOR KODE / SKS : 3 (3-0)

DESKRIPSI SINGKAT : Mata kuliah ini membahas dasar-dasar enterpreneurship (kewirausahaan) ; meliputi langkah memulai usaha, sikap dasar wirausaha, mendata jenis usaha, jaringan usaha dan strategi mengembangkan usaha; .Dasar-dasar kepemimpinan ; meliputi membangun jiwa kepemimpinan, sifat, gaya, power, motivasi, pengambilan keputusan dan konflik kepemimpinan. Dasar-dasar komunikasi ; meliputi fungsi-funsi komunikasi, hakekat, definisi dan konteks komunikasi serta prinsip-prinsip komunikasi.

TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM : setelah menyelesaikan mata kuliah ini, diharapkan mahasiswa memiliki motivasi dan pemahaman tentang membangun jiwa kepemimpinan, mengembangkan sifat dan gaya kepemimpinan dalam dirinya dan memiliki pemahaman tentang strategi berkomunikasi yang efektif serta memiliki motivasi dan kemampuan dasar mengembangkan potensi dirinya dalam membangun jiwa wirausaha yang sukses, tangguh dan berilmu.

STRATEGI PERKULIAHAN :

Metode perkuliahan ini menggunakan pendekatan Problem Based Leearning , melalui beberapa langkah berupa diskusi dan ceramah secara dua arah antar mahasiswa dalam kelompok diskusi. Sehingga mahasiswa wajib menyiapkan diri untuk menformulasikan pendapatnya baik personal maupun kelompok dalam bentuk hasil studi lapang berdasar pokok kajian/ topik bahasan dalam kuliah. Disamping itu juga akan memakai metode penugasan dengan menggali fakta-fakta di lapangan yang sesuai dengan topik perkuliahan. Begitu pula menggunakan metode aktifitas diluar ruangan (outdoor / outbound activity) untuk pokok bahasan kepemimpinan dan field trip (wisata) dan sharing pengalaman berupa success story untuk pokok bahasan enterpreneurship/ kewirausahaan. Diharapkan pada akhir semester dapat dihasilkan dokumentasi hasil perkulihan (dalam bentuk hasil kliping, diskusi dan pemikiran ) selama satu semester sehingga selanjutnya dapat di publikasikan dalam bentuk buku ajar.


RANCANGAN TOPIK BAHASAN PERKULIAHAN :

No

Pokok Bahasan

Sub Pokok Bahasan

Sumber Kepustakaan

1

Pengantar Umum Mata Kuliah Kapita selekta

· Maksud mata kuliah kapita selekta

· Muatan kajian mata kuliah kapita selekta : Leadership,Komunikasi, Enterpreneurship

· Pola hubungan ketiga pokok kajian dalam mata kuliah kapita selekta

· Buku panduan pendidikan Program Ilmu Sosial UB

.2

Basic Enterpreneur Personality : Start to be enterpreneur.

· Pengertian enterpreneurship

· Alasan / Motivasi wirausaha

· Membangun jiwa enterpreneurship sukses

· Unsur –unsur wirausaha

· Karakteristik wirausaha yang sukses

· Aspek yang harus dimiliki dalam berwirausaha

· Haryanto Sugeng Nugroho. .Menjadi wiraswasta yang tangguh. Gunung Jati Jakarta. 1984.

· Salim Siagian & Asfahani. Kewirausahaan Indonesia dengan semangat 17-8-45. Depkop RI.1995.

· Modul pelatihan kewirausahaan. DBKSE-Dirjen Mobduk Depnakertrans RI. Jakarta. 2003.

· Modul pelatihan Kewirausahaan. LPSDM-IPB. Bogor.2004.

3

Mendata jenis usaha

· Strategi menemukan peluang usaha

· Mendata jenis-jenis 4usaha

· 5Memilih jenis usaha

· 6Mengembangkan i7de usaha

· Modul pelatihan kewirausahaan. DBKSE-Dirjen Mobduk Depnakertrans RI. Jakarta. 2003.

· Marwah Daud Ibrahim, Ph.D. Mengelola Hidup dan Meracang Masa Depan.MHMMD Production. Jakarta.2003.

· Modul pelatihan Kewirausahaan. LPSDM-IPB. Bogor.2004.

4

Menyusun Proposal Bisnis

· Maksud dan manfaat proposal bisnis

· Unsur-unsur dalam proposal bisnis

· Presentasi proposal bisnis

· Rambat Lupiyoadi, Enterpreneurship from mindset to strategy, FEUI, 2004, hal. 83-95

5

Success Story & Langkah memulai usaha

· Success story dari pelaku bisnis usaha kecil.

· Langkah memulai usaha

· Tahap perencanaan dan pelaksanaan usaha.

· Faktor kunci keberhasilan usaha

· Strategi menghadapi kegagalan usaha

· Modul pelatihan Kewirausahaan. LPSDM-IPB. Bogor.2004.

· Art Mortell. The Courage to Fail. (terj. Berani Menghadapi Kegagalan). Mitra Usaha - McGraw-Hill.Inc.2000.

6

Life Mapping

· Life mapping

· Diskusi dan presentasi makalah tentang kliping success story

· Marwah Daud Ibrahim, Mengelola hidup dan merancang masa depan

UTS : MEMBUAT PROPOSAL BISNIS (INDIVIDU & KELOMPOK)

7

Orientasi Umum dan, Sifat kepemimpinan

· pengertian kepemimpinan

· Ruang lingkup dan aspek kajian kepemimpinan

· beda pemimpin dan manajer

· teori sifat dalam kepemimpinan

· macam-macam sifat seorang pemimpin

· sumber & power kepemimpinan

· Mary Jo Hatch, Organization Theory : modern, symbolic and postmodern perspectives. Oxford University Press, 1997. P.282-285.

· Djanalis Djanaid, Kepemimpinan ; Teori dan Praktek. Indonesia Multi management, Malang.1994. hal. 179-188

8

Gaya kepemimpinan

· macam-macam gaya kepemimpinan

· gaya kepemimpinan yang efektif

· T. Hani Handoko, Manajemen 2 BPFE Yogjakarta.

9

Pengambilan keputusan (decision making) dalam kepemimpinan.

· Pengertian decision making

· Model pengorganisasian pengambilan keputusan

· Bentuk dan macam pengambilan keputusan.

· Langkah-langkah dalam pengambilan keputusan

· Prinsip dan kaidah pengambilan keputusan

· Mary Jo Hatch, Organization Theory : modern, symbolic and postmodern perspectives. Oxford University Press, 1997. P.270-280.

· Djanalis Djanaid, Kepemimpinan ; Teori dan Praktek. Indonesia Multi management, Malang.1994. hal. 18-44

10

Motivasi Kepemimpinan

· Pentingnya motivasi dalam organisasi dan kepemimpinan

· Perkembangan teori motivasi

· Macam teori motivasi dalam kepemimpinan

· Motivasi diri dengan tujuh kebiasaan efektif

· T. Hani Handoko, Manajemen 2 BPFE Yogjakarta.

11

Pengantar dasar-dasar komunikasi I

· Prinsip-prinsip Komunikasi

· Dedy Mulyana, M.A., Ph.D. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Rosda Karya. Jakarta.2004. hal. 3-69

12

Pengantar Dasar Komunikasi II

· Ethos, Phatos & Logos

· Strategi Komunikasi kepemimpinan dari aspek :

  1. Komunikator
  2. Pesan
  3. Media
  4. Komunikan

· Dedy Mulyana, M.A., Ph.D. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Rosda Karya. Jakarta.2004. hal. 83-120, 167-236.

· Onong Uchana Effendi, Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi, hal 351-400

13

Pengantar Dasar Komunikasi III

· Hambatan / kegagalan komunikasi & cara Mengatasinya

· Mendengar efektif

· Membangun hubungan baik dengan berkomunikasi

· Dedy Mulyana, M.A., Ph.D. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Rosda Karya. Jakarta.2004. hal. 121-166

UAS


DAFTAR BACAAN :

1. Mary Jo Hatch, Organization Theory : modern, symbolic and postmodern perspectives. Oxford University Press, 1997.

2. Djanalis Djanaid, Kepemimpinan ; Teori dan Praktek. Indonesia Multi management, Malang.1994.

3. Reza M Syarief. Real Battle for success : new science of psychology. Kreasi Cerdas Utama-Reza Leadership Center.2003. Jakarta.

4. Toto Tasmara , Transcendental intelligence. GIP. Jakarta. 2001.

5. Ary Ginanjar Agustian, Emotional Spiritual Quotient. Penerbit Arga. Jakarta. 2001.

6. Dedy Mulyana, M.A., Ph.D. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Rosda Karya. Jakarta.2004.

7. Haryanto Sugeng Nugroho. .Menjadi wiraswasta yang tangguh. Gunung Jati Jakarta. 1984.

8. Salim Siagian & Asfahani. Kewirausahaan Indonesia dengan semangat 17-8-45. Depkop RI.1995.

9. Modul pelatihan kewirausahaan. DBKSE-Dirjen Mobduk Depnakertrans RI. Jakarta. 2003.

10. Marwah Daud Ibrahim, Ph.D. Mengelola Hidup dan Meracang Masa Depan.MHMMD Production. Jakarta.2003.

11. Art Mortell. The Courage to Fail. (terj. Berani Menghadapi Kegagalan). Mitra Usaha - McGraw-Hill.Inc.2000.

12. Modul pelatihan Kewirausahaan. LPSDM-IPB (Retooling Program). Bogor.2004.

Rambat Lupiyoadi, Enterpreneurship from mindset to strategy, FEUI, 2004

Tidak ada komentar:

Posting Komentar