Senin, 31 Agustus 2009

KAP 1 : The Nature of Interpersonal Communication

KARAKTERISTIK KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI
OLEH : Akh. Muwafik Saleh, S.Sos, M.Si.

AKSIOMA KOMUNIKASI RELATIONAL Watzlawick, Beavin, Jackson
• Orang tidak bisa tidak berkomunikasi
• Setiap percakapan (betapapun singkatnya) meliputi dua pesan : Pesan isi (contens message) dan pesan hubungan(relationship message)
• Interaksi selalu diorganisasikan ke dalam pola-pola yang mempunyai arti bagi para komunikator. (Hal ini tergantung persepsi masing-masing thd perilaku).
• Orang menggunakan kode digital (bahasa : verbal) analog (bahasa tubuh, simbol, pengungkapan perasaan)
• Komunikasi berhubungan dengan pencocokan/pengaitan pesan-pesan di dalam suatu interaksi. (komunikator mungkin merespon dengan cara yg sama/meminimalkan perbedaan = hubungan simetris. Perbedaan respon komunikator dimaksimalkan = hubungan komplementer).

DEFINISI KOMUNIKASI ANTARPERSONAL, Bachmer, Capella, Miller , Mengajukan 3 Definisi berdasarkan :
a. KOMPONEN (COMPONENTIAL)
b. HUBUNGAN DIADIK (RELATIONAL / DYADIC)
c. PENGEMBANGAN (DEVELOMENTAL), yaitu : Menurut Gerald Miller, akhir dari perkembangan komunikasi impersonal. 3 faktor kategoris :
• Data psikologis, mis : sosiologis, pendidikan, pekerjaan dsb
• Pengetahuan menjelaskan (explanatory knowledge), mis : alasan suatu perilaku.
• Aturan (pribadi, sosial), mis : kesesuai norma, adat, kultur.

CIRI KOMUNIKASI ANTARPERSONAL
•MENURUT REARDON (1987)
1. Dimotivasi atas banyak faktor
2. Berdampak : disengaja / tidak disengaja
3. Berbalas-balasan
4. Mengisyaratkan hubungan antarpribadi (diadik)
5. Berlangsung dalam suasana bebas, variasi.
6. Menggunakan pelbagai lambang yang bermakna

•MENURUT EVERT. M. ROGERS (1988) :
1. Arus pesan cenderung dua arah.
2. Konteks komunikasi : tatap muka
3. Tingkat umpan balik yang tinggi
4. Kemampuan mengatasi tingkat selektivitas sangat tinggi.
5. Kecepatan untuk menjangkau sasaran yang besar sangat lamban.
6. Efek yang terjadi antara lain perubahan sikap.

•KARAKTERISTIK HUBUNGAN ANTAR PRIBADI
• Menurut De Vito ada dua karakteristik :
• Berlangsung melalui beberapa tahap. Mulai tahap kontak awal sampai tahap pemutusan (dissolution)
• Berbeda-beda dalam hal keluasan (breadth) dan kedalaman (depth)
• Breadth : banyaknya topik yang dikomunikasikan
• Depth : derajat dalamnya “kepersonalan” (inti individu.

•KOMPONEN /ELEMEN KAP :
1. Source/receiver,
2. Encoding-decoding : producing (speaking-writing), understanding massage (listening-reading).
3. Competence : ability to communicate effectively (knowledge/skill)
4. Message
5. Feedback (positive – negative)
6. Channel
7. Noise

Tidak ada komentar:

Posting Komentar