Senin, 31 Agustus 2009

SAP KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA

GARIS-GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN



MATA KULIAH : KOMUNIKASI LINTAS BUDAYA
DOSEN PENGAMPU : AKH. MUWAFIK SALEH, S.Sos, M.Si


DESKRIPSISINGKAT : Mata kuliah ini mengkaji tentang bagaimana komunikasi berlangsung dalam perbincangan dan kajian budaya. Komunikasi dalam budaya-budaya yang berbeda dalam masyarakat. Bagaimana budaya terbentuk oleh proses interaksi dan komunikasi intensif para anggotanya dan bagaimana mis komunikasi menjadi sumber konflik dalam masyarakat dan bagaimana komunikasi berkontribusi bagi proses penyelesaian konflik yang ada dalam masyarakat. Serta bagaimana komunikasi dalam membangun harmonisasi serta menjadi jembatan bagi pembangunan masyarakat dan sosialisasi program-program pembangunan begitu pula komunikasi dalam penciptaan makna yang akan membangun makna baru dalam sebuah budaya yang kondusif bagi pengembangan kehidupan social masyarakat.

DESKRIPSI PERKULIAHAN :
1. PENGANTAR
a. Kontrak belajar dan penjelasan KLB
b.
2. TUJUAN, MANFAAT DAN PRINSIP KAJIAN KOMUNIKASI SOSIAL BUDAYA
a. Tujuan kajian : harmonisasi kehidupan, hidup berdampingan dan kesepahaman global, pengenalan budaya dan empati social.
b. Manfaat : perspektif internasional, domestik dan personal.
c. Prinsip : relativitas bahasa, kesadaran diri, inequalitas dan transaksional
d. Referensi :
• Joseph A De Vito, Human Communication,HarperCollins Publisher, 1996,
• Andrik P, Komunikasi Multikultural, UMS Press. 2003
• Dedy Mulyana, Komunikasi Antarbudaya, Rosda, 2001.

3. KOMUNIKASI DALAM PERSPEKTIF BUDAYA
a. Fungsi Komunikasi : social, eksresif, ritual dan instrumental
b. Perspektif, paradigma dan madzhab komunikasi : proses / transmisional dan semiotika
c. Pengertian dan bagian-bagian budaya (kultur), interaksi social, realitas social, kultur, parameter dan karakteristik budaya.
d. konteks kajian dan ruang lingkup kajian komsosbud
e. Referensi :
• John Fiske, cultural and communication studies. Routlege, 1990
• Andrik P, Komunikasi Multikultural, UMS Press. 2003
• Dedy Mulyana, Komunikasi Antarbudaya, Rosda, 2001.
• Dedy Mulyana, Ilmu komunikasi suatu pengantar, Rosda,2004.

4. SUBJEK KAJIAN DAN WILAYAH KAJIAN KOMUNIKASI SOSIAL BUDAYA
a. Subjek kajian : komunikasi antar rasial, antaretnik, antaragama, antarkelas, antarjender.
b. Wilayah kajian : antarpersonal, kelompok, organisasi, masyarakat dan internasional.
c. Referensi :
• Andrik P, Komunikasi Multikultural, UMS Press. 2003
• Dedy Mulyana, Ilmu komunikasi suatu pengantar, Rosda,2004.
 John Fiske, cultural and communication studies. Routlege, 1990

5. FOKUS KAJIAN KOMUNIKASI SOSIAL BUDAYA DAN KEBUDAYAAN KONTEKS KOMUNIKASI
a. Fokus kajian : Bahasa, penyandian, representasi, persepsi, prasangka, empati dan feed back, dan hambatan
b. Referensi :
• Andrik P, Komunikasi Multikultural, UMS Press. 2003
• Dedy Mulyana, Komunikasi Antarbudaya, Rosda, 2001.

6. KONTEKSTUAL KOMUNIKASI SOSIAL BUDAYA
a. Konteks dan makna
b. Konteks bahasa verbal, nonverbal, waktu, ruang dan jarak social, aktifitas social, ritual budaya.
c. Referensi :
• Andrik P, Komunikasi Multikultural, UMS Press. 2003
 Dedy Mulyana, Komunikasi Antarbudaya

7. HAMBATAN KOMUNIKASI
a. Kebudayaan konteks komunikasi : Pola berpikir, prasangka, stereotype, etnosentrisme, tradisi, nilai, norma dan system religi

8-9. FAKTOR PERSONAL DALAM KLB 1
a. Faktor personal dalam KLB
b. Persona dan Identitas budaya

10-11. ETHNIC IDENTITY
a. Pendekatan dalam identitas etnic
b. Asimilasi dan akulturasi
c. Pluralism budaya

12-13. WORD VIEW, IDEOLOGI DAN MAKNA
a. Pengertian
b. KLB dan ideologi Relasi dengan sesame
c. HCC- LCC
d. Orientasi waktu dll

14. METODE ANALISIS KAJIAN DAN PENELITIAN KOMUNIKASI SOSIAL BUDAYA
a. Analisis teks media (content analysis)
b. Hermeneutic
c. Semiotika / semiologi komunikasi
d. Etnografi komunikasi
e. Analisis ideologis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar