Rabu, 27 Oktober 2010

OPINI PUBLIK

OPINI PUBLIK
OLEH : Akh. Muwafik Saleh, S.Sos, M.Si


BERAGAM KASUS
JATUHNYA PESAWAT ADAM AIR
KASUS BLBI, SRI MULYANI – WAPRES --- MUNDURNYA SRI MULYANI
LAPINDO --- BAKRIE GROUP – GONJANG GANIJING KABINET
KASUS CICAK & BUAYA --- LENGSERNYA SUSNO DUAJI --- KREDEBILITAS KEPOLISIAAN – DIMUNCULKANNYA KASUS PENANGKAPAN TERORISME TEMANGGUNG.
BATASAN DEFINISI
OPINI :

Ilmu Psikologi : “ekspresi sikap”.
Cutlip Center : “kecenderungan untuk memberikan respon terhadap suatu masalah / situasi tertentu

PUBLIK :
Karl Mannheim : kesatuan banyak yang bukan berdasarkan interaksi perseorangan, tetapi atas dasar reaksi terhadap stimuli yang sama. Reaksi itu muncul tanpa keharusan berdekatannya anggota publik itu secara fisik antara yang satu dg lainnya.

Herbert Blumer : sekelompok orang yang tertarik pada suatu isu dan terbagi-bagi pikirannya dalam menghadapi isu tsb dan berusaha untuk mengatasinya.

Kingsley Davis : kelompok yang tidak merupakan kesatuan, interaksi terjadi tidak langsung melalui alat komunikasi, tingkah laku publik didasarkan pada tingkah laku individu.


RUMUSAN publik :
1. Sekelompok individu yg tidak terorganisasi.
2. Kelompok itu tidak mengumpul di 1 tempat, tapi menyebar
3. Mempunyai inteterst yang sama thd suatu persoalan
4. Melakukan kontak scr tidak langsung, antara 1 dg lainnya.
5. Ada stimuli yg memungkinkan terciptanya publik.
6. Biasanya tidak saling kenal satu sama lain.

OPINI PUBLIC
OPINI PERSONAL
Menurut Dan Nimmo, opini personal terdiri atas kegiatan verbal dan non verbal yang menyajikan citra dan interpretasi individual tentang objek tertentu, biasanya dalam bentuk isu yang diperdebatkan orang.

SUDUT PANDANG

Opini dapat dinyatakan melalui perilaku, bahasa tubuh, raut muka, simbol-simbol tertulis, pakaian yang dikenakan, dan oleh tanda-tanda lain yang tak terbilang jumlahnya, melalui referensi, nilai-nilai, pandangan, sikap, dan kesetiaan


Dalam menentukan opini publik, yang dihitung bukanlah jumlah mayoritasnya (numerical majority) namun mayoritas yang efektif (effective majority.Subyek opini publik adalah masalah baru yang kontroversial dimana unsur-unsur opini publik adalah: pernyataan yang kontroversial, mengenai suatu hal yang bertentangan, dan reaksi pertama/gagasan baru

Pendekatan prinsip terhadap kajian opini publik dapat dibagi menjadi 4 kategori:
UNSUR OPINI, Menurut R.P. Abelson

untuk mendapatkan materi tentang pembentukan opini publik, silahkan ambil hapa link ini : http://www.scribd.com/doc/40286734


silahkan pula baca beberapa tulisan pada link berikut : http://www.scribd.com/doc/40288052

Tidak ada komentar:

Posting Komentar