Sabtu, 05 September 2009

GBPP MPR : Manajemen Public Relations

GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN MANAJEMEN PUBLIC RELATIONS


KODE / SKS : ISK 4124 / 3 (2-1)
DOSEN PENGAJAR : AKH. MUWAFIK SALEH, S.Sos,. Msi.

Deskripsi singkat :
Mata kuliah ini memberikan pembahasan tentang aspek-aspek pengelolaan humas muali dari langkah-langkah perencanaan, program humas jangka pendek dan jangka panjang, pengorganisasian, pengenalan khalayak, penentuan media, hubungan pers dan pengawasan serta evaluasi pelaksanaan humas dalam kerangka manajemen strategis.

Tujuan Intruksional Umum :
Memberikan keterampilan kapada mahasiswa dalam melakukan pengelolaan program kerja kehumasan baik dalam organisasi bisnis, profit maupun pemerintahan.

Strategi Perkuliahan :
1. Perkuliahan dilakukan melalui metode ceramah, diskusi, penugasan, riset dan presentasi.
2. Memberikan pemahaman tentang proses manajemen PR secara teoritik maupun praktek baik pada organisasi bisnis, non profit dan pemerintah.

Pokok-pokok bahasan :

1. Pertemuan I : Pendahuluan : Pentingnya manajemen Humas (Public Relations):
• Kontrak belajar
• AMBAK manajemen Humas (Public Relations)
• Penjelasan umum sistem perkuliahan dan Deskripsi mata kuliah selama satu semester
Rujukan :
1. Scott M Cutlip, Allen Center, Glen Broom, Effective Public Relations, Prentice Hall.Inc. 2000.
2. Otis Baskin, Craig Aronoff, Dan Littimore, Public Relations The Professions and The Practice, McGraw Hill Companies, 1997.
3. I Gusti Ngurah Putra ,Manajemen Hubungan Masyarakat, Univ Atmajaya Yogyakarta.1999
4. Rosady Ruslan, SH, MMManajemen Public Relations & Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi. JakartaPT.RajaGrafindo Utama. , 2003,
5. Yosal Iriantara, Manajemen Strategis Public Relations, Ghalia Indonesia, Jakarta 2004

2. Pertemuan II : Dasar Manajemen PR :
a. PR sebagai alat manajemen
b. pengertian manajemen PR
c. sejarah manajemen humas
d. model manajemen PR
Rujukan :
 I Gusti Ngurah Putra ,Manajemen Hubungan Masyarakat, Univ Atmajaya Yogyakarta.1999, hal. 8-19
 Rosady Ruslan, SH, MMManajemen Public Relations & Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi. Jakarta PT.RajaGrafindo Utama. , 2003, hal. 24-30

3. Pertemuan III : Fact Finding : identifikasi dan penelitian PR
• Peran penelitian dalam perencanaan strategis
• Mendefinisikan masalah PR
• Metode formal & informal dalam penelitian PR
• Refernsi :
• Scott M Cutlip, Allen Center, Glen Broom, Effective Public Relations, Prentice Hall.Inc. 2000. hal. 267-287
• Otis Baskin, Craig Aronoff, Dan Littimore, Public Relations The Professions and The Practice, McGraw Hill Companies, 1997. hal 106-128
• I Gusti Ngurah Putra ,Manajemen Hubungan Masyarakat, Univ Atmajaya Yogyakarta.1999. hal. 19-21

4. Pertemuan IV : Mengenali dan mengidentifikasi Publik sasaran
• Identifikasi publik
• Konsep linkages organisasi-publik
• Pendekatan stakeholder
• Segmentasi public
• Referensi :
• Otis Baskin, Craig Aronoff, Dan Littimore, Public Relations The Professions and The Practice, McGraw Hill Companies, 1997. hal 119
• I Gusti Ngurah Putra ,Manajemen Hubungan Masyarakat, Univ Atmajaya Yogyakarta.1999. hal. 39-50

5. Pertemuan V : Perencanaan dan program PR (Planning & programming)
• Menentukan masalah PR
• Alasan perencanaan
• Analisis situasi dan penentuan sasaran-tujuan
• Tipe perencanaan
• Proses Perencanaan program PR
• Referensi :
• Scott M Cutlip, Allen Center, Glen Broom, Effective Public Relations, Prentice Hall.Inc. 2000. hal. 267-287
• Otis Baskin, Craig Aronoff, Dan Littimore, Public Relations The Professions and The Practice, McGraw Hill Companies, 1997. hal 106-128
• I Gusti Ngurah Putra ,Manajemen Hubungan Masyarakat, Univ Atmajaya Yogyakarta.1999. hal. 28-33
• Rosady Ruslan, SH, MMManajemen Public Relations & Media Komunikasi : Konsepsi dan Aplikasi. JakartaPT.RajaGrafindo Utama. , 2003, hal 125,131


6. Pertemuan VI : Perencanaan & penyusunan Anggaran Program PR/Humas
• Analisa biaya program kerja humas
• Strategi penyusunan anggaran program PR/Humas
Refererensi :
I Gusti Ngurah Putra ,Manajemen Hubungan Masyarakat, Univ Atmajaya Yogyakarta.1999. hal.. 35

7. Pertemuan V II: Tindakan dan program komunikasi PR (Action and communication)
• Arti penting tindakan
• Komponen tindakan dalam strategi
• Komponen komunikasi dalam strategi
• Mendesain Matrik PR
• Pemilihan media komunikasi program PR
• Strategi persuasi
• Referensi :
• Scott M Cutlip, Allen Center, Glen Broom, Effective Public Relations, Prentice Hall.Inc. 2000. hal. 317-335
• Otis Baskin, Craig Aronoff, Dan Littimore, Public Relations The Professions and The Practice, McGraw Hill Companies, 1997. hal 152-172
• I Gusti Ngurah Putra ,Manajemen Hubungan Masyarakat, Univ Atmajaya Yogyakarta.1999. hal.. 51-65


8. Pertemuan VIII : Evaluasi Program PR
• Alasan Evaluasi
• Jenis Evaluasi
• Proses dan tahap Evaluasi
• Pengukuran Evaluasi Tujuan
 Penggunaan hasil Evaluasi
 Referensi :
• Cutlip, Allen Center, Glen Broom, Effective Public Relations, Prentice Hall.Inc. 2000. hal. 337-357
• Otis Baskin, Craig Aronoff, Dan Littimore, Public Relations The Professions and The Practice, McGraw Hill Companies, 1997. hal 173-193
• I Gusti Ngurah Putra ,Manajemen Hubungan Masyarakat, Univ Atmajaya Yogyakarta.1999. hal.. 69-Scott M 80


9. Pertemuan IX : Desain Organisasi & Rencana Penawaran Program Konsultan PR
 Membuat desain organisasi (EO, Consultan)
 Memilih & menentukan program spesifik (core program) untuk PR Consulting
• Contoh company profile organisasi / konsultan PR
 Contoh program kreatif dalam kegiatan PR


10. Pertemuan X : Manajemen Strategis PR
 Pengertian manajemen strategis
 Proses manajemen strategis PR : Scanning, perumusan strategi, implementasi strategi, Evaluasi & kontrol.
 Referensi :
• Yosal Iriantara, Manajemen Strategis Public Relations, Ghalia Indonesia, Jakarta 2004, hal 9-39, 69-103

11. Pertemuan XI : Model-model manajemen PR
12. Pertemuan XII – XIV: Presentasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar